Sabtu, 14 Januari 2012

KONSEP PENILAIAN


KONSEP PENILAIAN
Penilaian Formatif dan Sumatif
Penilaian formatif dilaksanakan selama program berlangsung untuk memberikan informasi berguna kepada pimpinan program untuk perbaikan. Sedangkan penilaian sumatif berlangsung pada akhir program untuk memberikan informasi yang potensial tentang manfaat program. Berdasarkan hasil tes formatif maka perbaikan dilakukan sebelum pembelajaran dapat dilanjutkan. Pada saat pembelajaran berakhir maka dilakukan tes sumatif. Kedua penilaian ini penting karena keputusan diperlukan selama proses, tingkat perkembangan kegiatan, untuk memperbaiki dan memperkuat setelah stabil, untuk menilai manfaat, dan menentukan masa depan kegiatan. Proses perkembangan tanpa penilaian formatif tidak akan lengkap dan tidak efektif. Namun ada dua faktor yang mempengaruhi kegunaan penilaian formatif, yaitu kontrol dan waktu. Bila saran dan perbaikan akan dijalankan supaya dapat berguna, maka penilaian formatif diperlukan sebagai kontrol. Informasi yang diberikan kepada administrator terlambat akan sia-sia. Jadi informasi harus diberikan tepat pada waktunya.
Penilaian Internal dan Eksternal
Sesuai dengan namanya maka penilaian internal dilakukan oleh penilai dari dalam dan penialain eksternal dilakukan oleh penilai dari luar program. Penilai internal tentu lebih banyak mengetahui tentang programnya daripada penilai eksternal, tetapi sulit untuk dapat objektif 100%. Penilai internal mungkin lebih mengetahui hal-hal secara rinci, namun kurang mengetahui hal-hal yang penting dan kritis. Namun pendapat bahwa kredibilitas penilaian akan bertambah apabila dilakukan oleh penilai eksternal tidak selalu benar. Kredibilitas penilaian terletak pada persiapan dan profesi penilai yang membuat merdeka dan jujur dalam menjalankan tugasnya. Bukan pada objektivitas penilai secara inheren. Kontrol melalui upah dan penghasilan tambahan malah akan lebih berpengaruh terhadap objektivitas dan kejujuran  Di samping itu tempat dan konteks penilai berada sedikit banyak dapat mempengaruhi hasil penelitiannya.(Tayibnapis, 2000: 41)
Konsep Gabungan
Konsep penilaian gabungan memungkinkan adanya kombinasi antara penilaian internal dan eksternal. Dimensi penilaian formatif dan sumatif dapat dikombinasikan dengan dimensi penilaian eksternal dan internal. Kombinasi ini bertujuan untuk menghindari keterbatasan yang ada pada masing-masing dimensi  dan mengambil manfaat dan kelebihan-kelebihannya. Peranan yang paling umum adalah kombinasi penilaian internal formatif dan eksternal sumatif. Peranan penting penilaian formatif eksternal hampir tak diacuhkan dalam penilaian pendidikan. Namun demikian perlu diingat bahwa program pendidikan memerlukan penilaian formatif dan sumatif untuk perbaikan dan perkembangannya.
Sumber : http://elearning.unesa.ac.id/myblog/alim-sumarno/konsep-penilaian

Tidak ada komentar:

Posting Komentar