Selasa, 10 Januari 2012

INSTRUMEN MONITORING


Instrumen monitoring
ADMINISTRASI PEMBELAJARAN GURU MAPEL PROFESIONAL
SMP/SMA/SMK


Nama Guru                 : ………………………………………….
Mata Pelajaran            : ………………………………………….
Nama Sekolah            : ………………………………………….
No
Aspek Yang Diamati
Nilai
Keterangan
1
2
3
4
5
1
Apakah guru memiliki SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.






2
Apakah guru memiliki jadwal pelajaran minimal 24 jam per minggu






3
Apakah guru membuat program tahunan dalam tahun terakhir.






4
Apakah guru membuat program semester untuk dua semester terakhir.






5
Apakah guru memiliki silabus yang dibuat sendiri






6
Apakah guru memiliki RPP yang disusun sendiri






7
Apakah guru melakukan pembelajaran sesuai jadwal






8
Apakah guru memiliki dan menggunakan buku teks dan buku referensi






9
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UH.






10
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik dan kriteria penilaian UTS






11
Apakah guru memiliki Instrumen, kunci, rubrik, kriteria dan kisi-kisi penilaian UAS






12
Apakah guru mengoreksi hasil ulangan






13
Apakah guru membuat program dan instrumen penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur






14
Apakah guru mendokumen-tasikan hasil penugasan terstruktur dan kegiatan mandiri tidak terstruktur






15
Apakah guru memiliki buku daftar nilai dan berisi Nilai UH, Remidi, UTS, UAS dan Nilai Tugas.






16
Apakah guru melakukan analisis hasil evaluasi UH.






17
Apakah guru menyusun dan melaksanakan program remedial.






18
Apakah guru menyusun dan melaksanakan program pengayaan.






19
Apakah guru mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar






20
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar






21
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007






22
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)






23
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar






24
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer






25
Apakah guru memiliki hasil PTK






Catatan :
5 : Amat Baik
4 : Baik
3 : Cukup
2 : Kurang
 1 : Sangat Kurang
 
                                                           
                                                                                                            ......................., .............................
                                                            Petugas Monitoring                        Guru yang bersangkutan,




                                                            ……………………….                 …………………………...
                                                            NIP.                                              NIP.














Instrumen monitoring
PERANGKAT KONSELING GURU PEMBIMBING PROFESIONAL
SMP/SMA/SMK

Nama Guru                 : ………………………………………….
Nama Sekolah            : ………………………………………….
No
Aspek Yang Diamati
Nilai
Keterangan
1
2
3
4
5
1
Apakah guru memiliki SK Pembagian Tugas Mengajar dari kepala sekolah tahun pelajaran terakhir.






2
Apakah guru pembimbing memiliki perhitungan jam kegiatan pelayanan konseling di sekolah ekivalen dengan minimal 24 jam per minggu






3
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Tahunan pada tahun pelajaran terakhir.






4
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Semester tahun pelajaran terakhir.






5
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Kerja Bulanan tahun pelajaran terakhir






6
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Mingguan Layanan Konseling






7
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Program Harian Layanan Konseling






8
Apakah guru pembimbing membuat sendiri Satuan Layanan






9
Apakah guru pembimbing membuat Daftar Siswa Asuh dan buku pribadi






10
Apakah guru pembimbing melaksanakan 9 layanan konseling (Orientasi, Informasi, Penempatan dan Penyaluran, Penguasaan Konten, Konseling Perorangan, Bimbingan Kelompok, Konseling Kelompok, Mediasi, Konsultasi)






11
Apakah guru pembimbing melaksanakan kegiatan pendukung (Aplikasi Instrumentasi, Himpunan Data, Konferensi Kasus, Kunjungan Rumah, Alih Tangan Kasus)






12
Apakah guru pembimbing membuat sendiri satuan layanan kegiatan pendukung (Satkung)






13
Apakah guru pembimbing melaksanakan evaluasi pelaksanaan konseling (Penilaian Segera, Penilaian Jangka Pendek, Penilaian Jangka Panjang)






14
Apakah guru pembimbing melaksanakan analisis hasil evaluasi pelaksanaan konseling (semester 1 dan 2)






15
Apakah guru pembimbing melaksanakan tindak lanjut pelaksanaan konseling






16
Apakah guru pembimbing membuat administrtasi pelaksanaan konseling (Buku Kasus, Catatan Kejadian, Sosiometri, Grafik Masalah, Jurnal Kegiatan BK, Buku Tamu)






17
Apakah guru pembimbing membuat Laporan Bulanan, Laporan Semester dan Laporan Tahunan






18
Apakah guru pembimbing melakukan layanan konseling sesuai jadwal






19
Apakah guru mendapatkan tambahan dan memiliki data administrasi tugas selain mengajar






20
Apakah guru memiliki buku agenda mengajar






21
Apakah guru memiliki Permendiknas nomor 22, 23 tahun 2006 dan Permendiknas nomor 20 tahun 2007






22
Apakah guru memiliki buku-buku panduan (panduan pengembangan RPP, panduan pengembangan silabus, panduan pengembangan bahan ajar dll)






23
Apakah guru melakukan pengembangan bahan ajar






24
Apakah guru memiliki karya ilmiah populer






25
Apakah guru memiliki hasil PTK






                                                           
Catatan :
5 : Amat Baik
4 : Baik
3 : Cukup
2 : Kurang
1 : Sangat Kurang
 
                                                                                                            ......................., .............................
                                                            Petugas Monitoring                        Guru yang bersangkutan,




                                                            ……………………….                 …………………………...
                                                            NIP.                                              NIP.







INSTRUMEN PENILAIAN SILABUS


Nama Guru              : …………………………….......................................
Nama Sekolah         : …………………………….......................................
Nama Sekolah         : …………………………….......................................
No
Aspek Penilaian
Deskriptor
Skor
Keterangan
1.            
                       
Ketepatan dan keajegan  SK/KD
·         Rumusan Standar Kompetensi  (SK) dan Kompetensi Dasar (KD) sesuai dengan standar Isi
·         Jika terjadi perubahan urutan,maka sesuai dengan hierarki konsep disiplin ilmu atau tingkat kesulitan materi
·         Ada kesesuaian antara KD dengan komponen-komponennya  (indikator, materi, kegiatan belajar, media/sumber, evaluasi)


2.
Keakuratan Materi  Pembelajaran

·         Materi pembelajaran benar secara teoritis
·         Materi pembelajaran mendukung pencapaian KD (Selaras dengan KD)
·         Sesuai dengan tingkat perkembangan dan bermanfaat bagi peserta didik


3.
Kegiatan Pembelajaran
·         Kegiatan pembelajaran memuat aktivitas belajar yang berpusat pada siswa/belajar aktif
·         Tahapan kegiatan pembelajaran mendukung tercapainya KD
·         Kegiatan pembelajaran memberikan kesempatan kepada siswa untuk  mengembangkan kecakapan hidup (personal, sosial)
·         Sesuai dengan pengalaman belajar yang dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran


4.
Indikator
·         Rumusan indikator berisi jabaran perilaku untuk mengukur tercapainya KD
·         Rumusan indikator berupa kata kerja operasional yang dapat diukur dan diobservasi
·         Terdiri dari beberapa rumusan indikator (minimal 2 indikator) untuk setiap KD
·         Tingkat kata kerja lebih rendah atau minimal sama dengan KD


5.
Penilaian
·         Alat penilaian sesuai  dan mencakup seluruh indikator
·         Wujud/contoh alat penilaian jelas dan sesuai dengan indikator


6.
Alokasi Waktu
·         Alokasi waktu sesuai dengan cakupan kompetensi
·         Alokasi waktu sesuai dengan program semester yang telah disusun


7.
Sumber Belajar
·         Sumber belajar sesuai untuk mendukung tercapainya KD
·         Sumber belajar bervariasi


Jumlah Skor Perolehan






Kriteria Penilaian
Setiap munculnya  deskriptor secara sempurna  mendapat skor  2
Deskripor yang muncul, namun kurang sempurna mendapat skor 1 dan tidak munculnya deskriptor mendapat skor 0.

Skor maksimal  20 x 2 = 40


........................, …………………
Penilai,

                                                                                                                       

                                                                                                ...........................................
                                                                                                NIP.


INSTRUMEN PENILAIAN RPP

Nama Guru              : …………………………….......................................
Nama Sekolah         : …………………………….......................................
Nama Sekolah         : …………………………….......................................
No
Aspek Penilaian
Deskriptor
Skor
Keterangan
1.            
                       
Kesesuaian SK, KD, indikator, dan alokasi waktu
·         Rumusan standar kompetensi  (SK) dan KD sesuai dengan standar Isi
·         Rumusan indikator berisi perilaku untuk mengukur tercapainya KD dan alokasi waktu sesuai dengan cakupan kompetensi dan alokasi yang tersedia di dalam silabus
·         Rumusan indikator berupa kata kerja operasional yang dapat diukur dan atau diobservasi dan sesuai dengan indikator yang ada di silabus


2.
Tujuan Pembelaja-ran
·         Rumusan tujuan pembelajaran selaras dengan KD
·         Rumusan tujuan pembelajaran merupakan rincian/lebih spesifik dari KD


 3.
Pengemb-angan materi dan bahan ajar
·         Materi pembelajaran benar secara teoritis
·         Materi pembelajaran mendukung pencapaian KD (Selaras dengan KD)
·         Materi pembelajaran dijabarkan dalam bahan ajar secara memadai dan kontekstual


4.
Metode Pembelajaran
·         Metode pembelajaran bervariasi
·         Tiap-tiap metode yang dicantumkan benar-benar tercermin dalam langkah-langkah pembelajaran


5.
Langkah-langkah Pembelajaran
·         Pendahuluan berisi pengaitan   kompetensi yang akan dibelajarkan dengan konteks kehidupan siswa atau kompetensi sebelumnya.
·         Kegiatan inti dituliskan secara rinci untuk menjabarkan tahapan pencapaian KD disertai alokasi waktu
·         Inti pembelajaran yang dirancang  berfokus pada siswa
·         Inti pembelajaran memberi kesempatan siswa bekerja sama dengan teman atau berinteraksi dengan lingkungan/masyarakat sekitar
·         Penutup pembelajaran berisi penyimpulan/ refleksi/ atau tindak lanjut (tugas pengayaan/ pemantapan)
·         Rumusan langkah-langkah pembelajaran menggambarkan kegiatan dan materi yang akan dicapai.


6.
Sumber Belajar
·         Sumber belajar sesuai untuk mendukung tercapainya KD
·         Sumber belajar bervariasi


7.
Penilaian
·         Alat penilaian sesuai  dan mencakup seluruh indikator
·         Rubrik/pedoman penyekoran/kunci jawaban dicantumkan secara jelas dan tepat



Kriteria Penilaian
Setiap munculnya  deskriptor secara sempurna  mendapat skor  2
Deskripor yang muncul, namun kurang sempurna mendapat skor 1 dan tidak munculnya deskriptor mendapat skor 0.

Skor maksimal  20 x 2 = 40



........................, …………………
Penilai,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar